Aturan Yang Selalu Saya Ikuti Dalam Membuat Website Berupa Blog

Aturan Yang Selalu Saya Ikuti Dalam Membuat Website Berupa Blog

Website berupa blog mungkin saat ini jadi salah satu yang paling banyak jumlahnya. Pertama, sebab platformnya banyak dan mudah dipakai mirip WordPress, Blogspot, atau Tumblr. Kedua, blog mampu jadi wadah menuangkan inspirasi dalam berbagai bentuk.

 

Saya sampai dikala ini sudah menciptakan beberapa situs web berupa blog, termasuk Panduan IM ini. Beberapa di antaranya sukses, sisanya gagal. Dari pengalaman tersebut aku menciptakan sebuah aturan yang senantiasa saya ikuti jikalau ingin berhasil menciptakan blog.

 

 

Rencanakan dengan matang

 

Benjamin Franklin bilang “if you fail to plan, you’re rencana to fail“, kira-kira artinya gagal membuat planning berarti mempersiapkan kegagalan.

 

Perencanaan permulaan sungguh penting, ketika situs web telah diluncurkan telah tidak ada waktu lagi untuk merombak ulang. Kalau perencanaan paling mendasarnya kurang elok, website gres ini bakal jadi gak terang dan kita selaku penulisnya pun ogah-ogahan.

 

Ada beberapa hal yang harus dijadwalkan sebelum menciptakan blog:

 

 

    1. Apa topiknya? Apakah topik ini mempesona untuk anda? Apakah anda hebat di topik ini? Kalau tidak, bagaimana nanti pengerjaan kontennya?

 

    1. Identifikasi calon pembaca. Siapa yang tertarik dengan topik tersebut? Pria atau wanita? Anak muda atau orang remaja? Sesuaikan isi dari blog dengan identitas pembaca

 

    1. Memilih nama domain. Ada 3 jenis nama untuk domain: Brandable, EMD (Exact Match Domain), atau PMD (Partial Match Domain). Domain yang brandable paling elok untuk membuat kesan baik di mata pembaca

 

    1. Pilihan platform. Platform blog memang mampu diganti meskipun telah berlangsung, tapi mending ditentukan di permulaan. Pahami kelebihan masing-masing platform, pilih yang paling pas

 

    1. Nada goresan pena. Banyak penulis blog yang tidak sadar dengan nada tulisannya. Biasanya nada goresan pena diadaptasi dengan topik opsi dan kepribadian penulis. Misalkan blog berbau berita biasanya bahasanya baku, sedangkan blog hiburan bahasanya lebih santai. Tentukan di permulaan, mengubah nada tulisan di tengah-tengah akan jadi aneh

 

    1. Hasil balasannya. Apakah akan jadi blog raksasa, atau sebatas micro niche saja? Bagaimana me-monetisasi blog ini?

 

 

Desain dan teknikal

 

Desain blog merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan enak-tidaknya dipandang mata dan dibaca.

 

Kecenderungan website jaman sekarang umumnya minimalis, atau yang sering disebut flat design. Untuk blog, konten jadi hal yang paling penting. Karena itu desain mesti menunjang konten, artikel harus mudah dibaca, jangan hingga rancangan malah jadi gangguan user dalam membaca.

 

Karena lebih dari 50% pengguna internet browsing dari ponsel pintar, sebaiknya website juga gampang dilihat di layar ponsel. Pastikan rancangan blog responsive, alias menyesuaikan ukuran layar.

 

Selain itu, yang juga penting ialah waktu loading. Lebih cepat loading akhir, lebih baik. Waktu loading sangat dipengaruhi oleh desain, plugin, dan hosting.

 

SEO itu penting. Tapi jangan meningkatkan secara optimal berlebihan, karenanya justru bakal negatif.

 

Backup! Rencanakan sistem backup untuk seluruh website baik yang baru maupun lama. Saya punya beberapa pengalaman pahit terkait malas backup.

 

Metode penawaran spesial

 

Sudah susah payah menulis postingan tetapi resah promosinya mirip apa?

 

Pertama tentukan social media-nya. Biasanya situs web yang besar mengandalkan cuma satu social media utama untuk penawaran spesial kontennya. Tapi kan social media ada banyak? Twitter, Facebook, Pinterest, pilih yang mana?

 

 

    • Twitter – gunakan Twitter jikalau konten website sebagian besar berupa postingan

 

    • Facebook – jika konten berupa postingan, gambar (infografis), video, dan multimedia lain. Atau blog yang sekaligus dimanfaatkan untuk jual produk

 

    • Pinterest – pengguna Pinterest sebagian besar perempuan yang hobi browsing baju, furniture, crafting, dsb.

 

    • Google Plus – tergantung niche nya, ada beberapa niche yang terkenal di Google +

 

 

Selain social media, ada juga kawasan penawaran khusus konten lain utamanya di website berbentuk komunitas mirip forum. Kalau ada lembaga besar yang relevan, wajib aktif di forum tersebut. Member lembaga biasanya paling antusias dibandingkan social media.

 

Manfaatkan sebanyak-banyaknya media yang ada untuk mencuri peminat.

 

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

 

Interaksi dengan pembaca

 

Yang paling penting wajib diingat: pembaca blog adalah insan bukan robot.

 

Ada banyak jenis interaksi dengan pembaca. Yang pertama, interaksi dari penulis untuk pembaca. Walaupun tidak secara eksklusif, postingan yang kita tulis mampu ditanggapi berbeda oleh pembaca. Artikel yang baik ditulis oleh manusia untuk insan, bukan untuk mesin pencari.

 

Interaksi dari penulis untuk pembaca juga mampu berupa email. Penulis blog mampu memberikan pembacanya agar mendaftarkan emailnya untuk menerima update blog atau untuk interaksi lebih lanjut dari penulis blog.

 

Interaksi kedua berasal dari pembaca untuk penulis. Pastikan pembaca bisa berinteraksi dengan penulis baik dari kolom komentar, kontak email, maupun social media. Membalas interaksi dari pembaca yaitu kewajiban penulis.

 

Interaksi yang bagus antara pembaca dengan penulis akan membuat si pembaca datang lagi di lain waktu.

 

Pesan untuk diri sendiri

 

Berikut ini aturan-aturan yang mesti ditetapkan untuk diri sendiri sebagaipemilik dan penulis blog:

 

 

    1. Konsisten menulis, tetapkan jadwal mempublikasikan konten baru. Harian, mingguan, bulanan.. Ikuti acara yang sudah ditetapkan secara konsisten

 

    1. Persistensi & Fokus. Yakinkan diri anda sendiri bahwa sukses tidak tiba dalam semalam. Jangan terlalu mudah mengalah walaupun hasil yang diinginkan belum kelihatan. Fokus dengan rencana awal, jangan terlena dengan komitmen-kesepakatan artifisial (banyak di dunia pemasaran internet)

 

    1. Jangan terpancing emosi, kadang ada pembaca yang meninggalkan komentar negatif alasannya adalah tidak setuju dengan opini kita. Jangan buang-buang waktu dan energi untuk terpancing dengan pesan negatif

 

    1. Belajar, belajar, belajar. Investasikan waktu dan uang untuk belajar bagaimana membuatkan situs web kita ke arah yang lebih baik. Belajar bagaimana menulis dengan baik dan mencar ilmu di segi teknikal seperti HTML/CSS