Menciptakan Pendapatan Dari Bisnis Online

Menciptakan Pendapatan Dari Bisnis Online

Ada berbagai sistem untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online. Kesalahan paling umum dari orang yang gres terjun ke dunia bisnis online ialah tidak fokus di satu versi namun malah menjajal -coba semuanya. Supaya anda tidak mengulangi kesalahan ini, aku sarankan tentukan salah satu sehabis akhir membaca artikel ini.

 

 

Lagi-lagi yang perlu diingat yakni semua ini butuh pengabdian yang tinggi hingga anda sukses menciptakan pemasukan pertama dan pendapatan tetap. Pilih model bisnis yang anda kuasai dan senangi biar tidak jenuh.

 

Bab dalam seri tutorial bisnis online pemula yang satu ini lebih spesifik buat anda yang mengawali bisnis online gres atau belum menentukan versi usahanya, serta yang bukan bermaksud untuk membuatkan bisnis offline-nya ke dunia online. Tapi untuk menambah pengetahuan, ketiganya dipersilahkan membaca.

 

Berikut ini adalah model-model bisnis online yang terkenal.

 

Menjual produk sendiri

 

Menjual produk buatan sendiri ialah salah satu model bisnis favorit langsung saya. Membuat produk tidak sulit meskipun membutuhkan waktu dan perjuangan, dan karenanya lebih menguntungkan dibanding model bisnis lain secara finansial. Dalam jangka panjang, menjual produk buatan sendiri juga lebih berguna untuk diri sendiri.

 

Menjual produk juga tidak harus melalui toko online. Anda mampu menjual produk melalui blog asalkan ada traffic-nya.

 

Tahap pertama yakni memilih produk dalam kategori apa yang mau anda buat dan jual. Sebaiknya anda menciptakan produk yang sesuai dengan keterampilan anda agar produk yang dihasilkan lebih bermutu.

 

Produk yang paling mudah untuk dibentuk adalah produk gosip, artinya produk yang menjual berita terhadap pembelinya. Contohnya, buku. Menjual produk info juga relatif mudah, anda bisa menjualnya di situs web anda dengan membuat landing page khusus, atau menggunakan email list.

 

Berikut ini beberapa contoh produk yang bisa anda jual.

 

E-Book

 

1419519707_book-128Membuat e-book sama sekali tidak sukar. Untuk anda yang pernah menjadi blogger, menciptakan e-book kira-kira sama dengan mempublikasikan satu atau dua artikel panjang tapi lebih mendetail dan lebih bernilai.

 

Dibandingkan dengan produk lain, menciptakan e-book mengkonsumsi waktu paling sedikit tetapi peluangpendapatannya juga tidak kalah. Sejujurnya pertama kali aku mendengar orang memasarkan e-book, aku pikir “emangnya ada yang akan beli ya?” tapi ternyata di dunia ini banyak orang yang haus akan pengetahuan dan rela mengeluarkan uang untuk membeli e-book.

 

E-book sangat sesuai buat anda yang belum pernah menciptakan produk sebelumnya alasannya prosesnya mampu dikerjakan sendiri dari permulaan hingga tamat. Pertama-tama yang anda mesti kerjakan yaitu mencari topiknya, menggali informasi terkait lebih dalam jika perlu, lalu mulai menulis.

 

Video

 

1419531568_660047-clapper-128Video ada di satu tingkat di atas e-book. Membuat video mampu jadi lebih gampang atau lebih susah ketimbang membuat e-book.

 

Video yang pembuatannya mudah contohnya video tutorial menciptakan blog, cukup menggunakan software untuk merekam layar komputer dan merekam bunyi. Pembuatan video cocok buat anda yang lebih berilmu berbicara daripada menulis.

 

Misalnya anda membuat blog tentang bermain gitar, anda mampu memasarkan panduan bermain gitar yang lebih mendalam dengan bentuk video. Cukup bermodalkan kesanggupan bermain gitar dan kamera untuk merekam.

 

Aplikasi smartphone

 

1419510676_mobile-128Membuat aplikasi ponsel pintar bukan cuma buat anda yang hebat programming, saya sendiri sama sekali tidak mengerti programming namun sudah meluncurkan beberapa aplikasi untuk iOS & Android. Caranya dengan merekrut developernya.

 

Tingkat kompleksitas aplikasi bermacam-macam dari yang sederhana hingga yang kompleks. Anda bisa membuat aplikasi gratis atau berbayar. Untuk aplikasi gratis, monetisasinya dengan in-app purchase (berbelanja fitur atau barang virtual di dalam aplikasi dengan duit asli) atau iklan.

 

Produk fisik

 

1419531689_goods-128Kalau tak ingin membuat produk digital seperti yang diterangkan di atas, anda juga mampu menciptakan produk fisik. Misalnya buku, baju, atau apapun yang lainnya. Kesempatan menjual produk secara online tidak terbatas.

 

Hal terpenting dari memasarkan produk bikinan sendiri yaitu kualitasnya.

 

Menjadi affiliate marketer

 

Kalau anda tak ingin membuat produk sendiri, anda bisa memasarkan produk orang lain untuk mendapat komisi. Model bisnis mirip ini disebut affiliate marketing.

 

affiliate marketing

 

Apa kelebihannya dibandingkan memasarkan produk sendiri? Anda bisa mulai secepatnya dari sekarang tanpa perlu lewat proses pengerjaan produk. Memulainya juga tidak sulit, yang perlu dikerjakan hanya tinggal mendaftar ke affiliate network kemudian mengikuti prosesnya.

 

Ada lagi kelebihannya, anda tidak perlu berurusan dengan yang namanya customer service, komplain pelanggan, pengantaran barang, dan lain-lain. Anda hanya bertugas sebagai yang mengiklankan barangnya melalui website.

 

Ada aneka macam produk affiliasi yang bisa anda jual. Komisi yang diberikan juga beragam mulai dari 10% sampai 80%.

 

Inilah yang membuat affiliate marketing sungguh-sangat populer selaku bisnis online. Seorang affiliate marketer bisa menghasilkan uang sampai ribuan dollar per hari tanpa bekerja dari jam 9-5.

 

Lalu apa kelemahannya? Affiliate network Indonesia sampai ketika ini belum ada yang mampu diandalkan, jadi anda harus mendaftar di affiliate network aneh. Sehingga, mempromosikan barangnya mau tidak mau harus dengan Bahasa Inggris. Untuk anda yang tidak andal mungkin akan sedikit kesulitan.

 

Pengenalan dan tutorial lebih lengkap perihal affiliate marketing mampu anda lihat di artikel ini.

 

Premium membership

 

1419519977_award-128Ada dua jenis untuk model premium membership. Inti dari premium membership ialah seperti ini, orang yang membayar untuk menjadi member premium akan mendapatkan fitur lebih banyak atau isu lebih banyak.

 

Premium membership untuk situs web isu mampu jadi alternatif dari pemasaran produk info. Saya ambil acuan untuk blog bimbingan bermain gitar. Untuk mampu mengakses tutorial-bimbingan tingkat lanjut, orang-orang mesti membayar sekian rupiah per bulan.

 

Premium membership model pertama ini cocok untuk anda yang hebat menciptakan konten berkualitas.

 

Model premium membership yang kedua yakni dengan menciptakan aplikasi layanan berbasis website. Untuk menjelaskan ini saya ambil contoh Dropbox, untuk menambahkapasitas penyimpanan Dropbox kita mampu membayar sekian dolar per bulan.

 

Ads Publisher

 

1419531898_loudspeaker-128Walaupun saya eksklusif tidak suka dengan versi bisnis sebagai penerbit iklan, saya mesti mengakui bahwa di Indonesia dikala ini banyak sekali orang yang membuat website dengan tujuan untuk menerima penghasilan dari iklan. Salah satunya yaitu Google AdSense.

 

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan model bisnis penerbit iklan. Berikut ini manfaatnya:

 

 

    1. Praktis, tidak perlu pikir panjang. Cukup dengan menciptakan website dan mendaftar di Google AdSense

 

    1. Tidak membutuhkan keahlian khusus

 

 

Kemudahan, yaitu argumentasi utama orang-orang menentukan bisnis ini. Padahal, ada kekurangan yang perlu anda perhatikan:

 

 

    1. Anda butuh traffic yang besar untuk menghasilkan pemasukan dari iklan

 

    1. Pendapatan dari iklan relatif lebih kecil

 

    1. Iklan punya kesan buruk sebab mengusik user dalam proses browsing

 

    1. Anda tidak bisa membangun brand jikalau mengandalkan iklan

 

    1. Membangun bisnis online berbasis iklan yang serius lebih rumit dari tampaknya

 

 

Meskipun demikian, ada jenis-jenis website yang cuma bisa dimonetisasi dengan iklan. Misalnya website informasi, hiburan, atau website bimbingan/how-to yangmembahas multi-klasifikasi.

 

Menunjang bisnis offline

 

1419533098_Museum-128Untuk anda yang telah punya perjuangan offline, bisnis online mampu dimanfaatkan untuk mendapatkan klien-klien gres dan meraih lebih luas.

 

Meskipun tidak menciptakan pemasukan secara eksklusif, bisnis online mampu dijadikan portfolio.

 

Contoh lainnya dalam mempergunakan bisnis online contohnya anda seorang penyanyi yang cukup populer dan punya basis penggemar. Anda bisa menjual merchandise secara online semoga orang-orang yang tidak bisa menjangkau juga bisa membeli.