Memulai Bisnis Online Dengan Modal Di Bawah 5 Juta

Memulai Bisnis Online Dengan Modal Di Bawah 5 Juta

Salah satu pesona dari bisnis online atau internet marketing alasannya dapat dimulai dengan modal kecil.

 

Saya tidak bilang mulai bisnis tanpa modal (karena nyaris tidak mungkin), melainkan mulai bisnis dengan modal di bawah 5 juta Rupiah. Apakah mungkin? Sangat mungkin.

 

 

Pertama, perlu aku beritahu bahwa ada banyak jenis bisnis online. Beberapa di antaranya sudah saya tuangkan di postingan lain, baca disini.

 

Beberapa dari versi bisnis yang aku tulis di sana bisa dimulai dengan modal di bawah 5 juta, namun dalam postingan ini saya memilih memakai versi yang menurut aku tetap bermutu walaupun cuma dengan modal kecil dan difokuskan untuk bisnis jangka panjang.

 

Satu lagi, pertimbangan tiap orang perihal model bisnis ini sangat mungkin berlawanan-beda. Kaprikornus silahkan dibaca dengan anggapan terbuka.

 

Inilah tahapan yang mau saya kerjakan jikalau saya cuma punya modal 5 juta untuk mengawali bisnis online.

 

Domain dan Hosting

 

Pertama, yang wajib dibeli ialah domain dan hosting. Keduanya merupakan landasan yang terpenting dari pemasaran internet.

 

Jangan pernah menggunakan hosting gratisan untuk bisnis yang serius. Minimal gunakan shared hosting dari provider yang terpercaya. Domain juga mesti yang TLD, .com, .net, atau .org. Sekarang sudah ada banyak TLD lain tetapi belum terlalu terkenal dan sedikit lebih mahal.

 

Hosting: $40 per tahun

Domain: $10 per tahun

 

Sub-total: $50 ( Rp 500.000)

 

WordPress

 

Instalasi WordPress tidak mengkonsumsi ongkos, alias gratis.

 

Buat yang telah memahami apa itu WordPress, mestinya telah paham kemana arahnya postingan ini. Buat yang belum, WordPress itu adalah platform untuk blogging. Makara yang akan kita kerjakan yaitu blogging.

 

Instalasi WordPress tergolong template & plugin: $0

 

Sub-total: $50 ( Rp 500.000)

 

Blogging

 

Seperti yang barusan aku sebutkan, pondasi utama dari bisnis online bermodal minim kita yaitu blogging.

 

Mengapa blogging? Alasannya alasannya adalah blogging tidak memerlukan modal uang, yang kita perlukan hanya kesanggupan untuk menulis artikel yang berfaedah untuk orang banyak.

 

Sebelum mulai blogging, pilih dulu topik blog yang hendak kita buat. Idealnya, blog memiliki 1 topik utama contohnya blog PanduanIM.com topik terutama pemasaran internet.

 

Topik dari blog ini HARUS sesuai dengan minat dan kemampuan penulisnya. Kalau ini dilanggar, kesannya ada 2: postingan di blog tidak berkualitas dan lama-lama bakal jenuh sendiri.

 

Makara, yang paling penting kini yaitu pastikan topik blog yang sesuai dengan passion. Kalau anda kegemaran main game, ya buat blog perihal game. Kalau anda lulusan informatika, buat blog wacana programming atau sejenisnya. Yang penting blog ini harus sesuai dengan minat dan kesanggupan.

 

Selanjutnya memutuskan jadwal menerbitkan artikel baru di blog. Seminggu sekali, seminggu dua kali, sehari sekali, terserah anda asal jangan 6 bulan sekali atau malah setahun sekali.

 

Pastikan blog ini hanya berisikan konten yang bermutu. Artikel-postingan sampah cuma akan merusak nama baik anda sendiri, titik.

 

Untuk mempromosikan blog, caranya dengan menjadi member aktif di komunitas yang berhubungan . Misalnya jika blog perihal fitnes, aktiflah di komunitas fitnes sambil menyumbangkan pengetahuan sambil berpromosi. Kalau anda mengiklankan dengan baik dan konten blog anda juga berkualitas, berikutnya cuma problem waktu.

 

Lebih lanjut perihal penawaran khusus akan dituangkan dalam artikel lain alasannya adalah panjang.

 

Ada yang namanya teknik SEO (Search Engine Optimization), ada baiknya anda mempelajari dasar-dasarnya. Jangan terjerumus dengan teknik SEO berbau spamming, apapun namanya, trik-trik pembangkang mirip ini tidak efektif untuk jangka panjang alasannya PASTI bakal dihukum oleh Google.

 

Blogging: $0

 

Sub-total: $50 ( Rp 500.000)

 

Email Marketing

 

Tujuan utama dari blogging yaitu untuk membangun citra anda dan mendapatkan audience atau orang yang setia membaca blog anda setiap kali ada artikel gres.

 

Untuk menerima audience ini, kita butuh email marketing tool yang juga sering disebut autoresponder.

 

Singkatnya, dengan mendaftar di autoresponder, kita bisa memberikan para pengunjung blog kita untuk mendaftarkan email mereka. Dengan mendaftarkan emailnya, mereka bisa mendapatkan konten gres dari blog ataupun konten lain yang kita kirimkan.

 

Ada beberapa autoresponder yang mampu saya rekomendasikan, misalnya Aweber (mulai dari $19/bulan) dan GetResponse (mulai dari $15/bulan). Tapi sebab kita bermodal minimum, kita bisa pakai MailChimp sebab gratis sampai batas tertentu.

 

MailChimp: $0

 

Sub-total: $50 ( Rp 500.000)

 

Monetisasi

 

Setelah landasannya terbangun, saatnya kita diskusikan monetisasi atau bagaimana menghasilkan pendapatan dari apa yang sudah kita lakukan.

 

Secara umum, ada 2 cara memonetisasi blog.

 

Pertama, dengan iklan. Saya tidak mengusulkan memasang iklan mirip AdSense di blog, kecuali jika cuma ini satu-satunya cara. Alasannya, alasannya pengunjung blog benci dengan iklan, balasannya kualitas blog kita menurun. Pendapatan dari iklan juga relatif lebih kecil. Gunakan iklan hanya sebagai opsi terakhir.

 

Kedua, dengan memasarkan informasi atau produk. Apa itu?

 

Misalkan untuk blog ihwal cara bermain gitar. Kita bisa ‘mengunci’ beberapa artikel panduan premium, orang yang ingin belajar teknik-teknik bermain gitar lebih lanjut harus bayar apalagi dulu. Atau kita bisa menjual eBook atau video tutorial bermain gitar tingkat lanjut melalui blog.

 

Kita juga bisa menjual produk afiliasi (affiliate product) dimana kita akan mendapat sebagian komisi setiap kali orang lain berbelanja lewat blog kita. Tapi membuat produk sendiri lebih menguntungkan dalam jangka panjang.

 

Disinilah peran penting dari email marketing yang kita kerjakan tadi. Dengan autoresponder kita mampu mengantarkan email ke audience untuk mengiklankan produk. Hasilnya berkali-kali lipat lebih baik ketimbang tanpa email marketing.

 


 

 

Sampai disini bahwasanya bisnis kita sudah terbangun, yang perlu kita lakukan selanjutnya hanya berpromosi dan melanjutkan blogging.

 

Lho, namun modal yang terpakai kan gres Rp 500.000? Lalu sisanya untuk apa?

 

Untuk membangun landasannya cuma dibutuhkan sedikit sekali modal berupa uang, dan lebih banyak modal waktu dan anggapan. Sisanya, tidak diperlukan untuk membangun usahanya tapi untuk menunjang bisnis kita.

 

Belajar Bahasa Inggris

 

Seorang internet marketer wajib.mampu.bahasa.Inggris. Minimal kemampuan bahasa Inggris kita mesti dalam level bisa mendengar dan mampu menulis dengan lancar.

 

Ada banyak sekali keuntungan lancar berbahasa Inggris. Pertama, sumber pengetahuan kita tidak terbatas di dalam negeri saja. Bahan bacaan yang berkualitas khususnya untuk internet marketing sebagian besar berbahasa Inggris.

 

Kedua, audience berbahasa Inggris lebih banyak. Membuat blog bahasa Inggris dibandingkan bahasa Indonesia jauh lebih menguntungkan.

 

Belajar bahasa Inggris tidak makan banyak waktu. Biasanya dalam waktu kurang dari 6 bulan harusnya telah tanpa gangguan kalau ditekuni.

 

Pengetahuan Internet Marketing

 

Sebagian besar wawasan tentang internet marketing memang tersedia secara gratis. Tapi sebagian kecil pengetahuan yang kadang kita perlukan cuma tersedia yang berbayar.

 

Relakan beberapa dolar/rupiah untuk belajar.

 

Ada banyak produk-produk informasi IM berbayar yang menjanjikan tips cepat kaya, jangan buang-buang duit dengan produk mirip ini.

 

Layanan Premium

 

Kita memang hanya butuh WordPress, template, plugin, dan autoresponder gratisan. Namun pada saatnya nanti kita bakal memerlukan yang premium.

 

Jangan ragu untuk berbelanja layanan premium bila memang diharapkan. Jangan menggunakan yang dibajak.

 

Promosi

 

Promosi dengan iklan merupakan cara tercepat untuk menerima audience.

 

Media penawaran khusus berbayar terbaik untuk blog salah satunya Facebook Ad dan Google AdWords. Menurut usulan aku pribadi, Facebook lebih unggul untuk jenis penawaran spesial seperti ini.

 

Yang perlu diingat, jangan mulai promosi sebelum kita punya produk yang berkualitas.

 


 

 

Sekian tahapan yang mampu dilakukan untuk memulai bisnis online dengan modal kurang dari 5 juta atau bahkan 1 juta.