Perencanaan Membuat Konten Berkualitas Untuk Mendapatkan Dan Membuat Puas Pengunjung

Perencanaan Membuat Konten Berkualitas Untuk Mendapatkan Dan Membuat Puas Pengunjung

Konten yang berkualitas tidak dibuat dalam 10 menit, tapi lewat penyusunan rencana yang matang.

 

Memang tidak mudah membuat konten berkualitas alasannya adalah memerlukan waktu dan perjuangan yang tidak sedikit, bahkan kadang uang. Ibarat suatu usaha, konten ialah produk dari blog anda, mempunyai produk yang bagus akan membuat blog anda “laku”.

 

Inilah cara menciptakan penyusunan rencana sebagai pondasi konten anda.

 

 

Berpikir seperti pembaca blog

 

Seseorang mau membaca di blog anda karena mereka tertarik dengan topiknya atau sebab konten tersebut dirasa bisa menuntaskan masalahnya.

 

Maka dari itu sebelum menciptakan konten, pikirkan terlebih dulu topik apa yang kira-kira mereka minati. Cara yang paling efektif ialah dengan akal-akalan membuat seorang karakter pembaca blog anda, atau persona pembaca.

 

Maksudnya, anda membayangkan kepribadian seseorang yang membaca blog anda secara lengkap. Misalkan untuk blog PanduanIM.com inilah beberapa persona nya:

 

 

    1. Seorang pria/perempuan berusia 18-24 yang baru mulai membuat blog dengan tujuan menerima penghasilan. Dia baru mengenal dunia blogging dan ingin mempelajari cara-cara bagaimana berbagi blognya biar terkenal dan bagaimana cara menerima penghasilan dari blognya.

 

    1. Pria/wanita berusia 21-31 yang memiliki bisnis offline dan ingin membuatkan bisnisnya ke dunia online. Orang ini mengerti besarnya manfaat yang bisa dia dapat dengan melebarkan sayap ke internet, tapi dia belum paham sama sekali langkah apa yang harus diambil.

 

    1. Seorang online marketer, usia 21-39, menerima penghasilan berkala secara online dan memiliki bisnis berbasis internet. Dia ingin mencar ilmu teknik-teknik lanjutan tentang online marketing dan meningkatkan penghasilannya melalui metode-sistem baru.

 

 

Inilah 3 pola dari beberapa persona pembaca blog PanduanIM. Selanjutnya, catat persona ini dimanapun yang mampu anda lihat dengan gampang. Setiap kali anda ingin membuat konten baru, puaskan cita-cita dari salah satu persona ini.

 

Apa yang ingin mereka pahami?

 

Konten yang elok pastinya mesti memberikan informasi baru untuk pembacanya, namun apa sih yang ingin mereka pahami?

 

Cara termudah untuk mendapatkan keingin-tahuan mereka yaitu dengan mendatangi pribadi ke situs komunitas tempat mereka lazimnya  nongkrong.

 

Kalau blog anda perihal fitness, maka berkunjunglah ke forum fitness. Hampir semua niche mempunyai forum tersendiri. Gunakan Google untuk mencari lembaga-forum ini dengan keyword : “niche” + forum.

 

Sebagai acuan, screenshot berikut ini berasal dari forum gitar di musisi.com

 

Forum Gitar

 

Dari 10 thread ini saja anda telah bisa menerima konten yang benar-benar mampu membuat puas mereka. Enaknya lagi, sebagian besar thread ini telah ada jawabannya. Anda tinggal membuatkan kembali.

 

Walaupun blog anda berbahasa Indonesia, jangan batasi komunitas hanya yang berbahasa Indonesia. Komunitas dengan bahasa Inggris biasanya lebih ramai dan anda mampu mendapatkan lebih banyak ide.

 

Selain lembaga, beberapa komunitas di sosial media ini juga bisa menjadi alternatif:

 

 

    1. Facebook Group

 

    1. Google+ Community

 

    1. Quora

 

    1. Yahoo Answer

 

 

Apa yang mereka baca?

 

Untuk mendapatkan “bahan dasar” dari konten, anda juga mampu melakukan pencarian konten dengan mempergunakan beberapa sumber lain ialah dengan mencari bacaan lain yang mereka senangi.

 

Pertama, dengan menggunakan BuzzSumo. Masukkan topik calon konten anda kemudian masukkan ke kolom penelusuran di BuzzSumo. Tool ini akan mengeluarkan hasil pencarian berbentukkonten yang terkenal dari blog-blog internasional.

 

Kedua, seperti dengan cara pertama namun tool yang digunakan ialah Topsy. Dengan Topsy anda bisa memperoleh tweet dari orang lain yang pernah mempublikasikan konten sesuai topik yang anda masukkan.

 

Ketiga, cari blog-blog populer yang memiliki topik serupa dengan blog anda. Kemudian gunakan QuickSprout untuk memperoleh konten mana yang paling populer di blog tersebut.

 

Dengan cara ini anda bisa mendapatkan banyak postingan yang disukai oleh pembaca. Perlu saya ingatkan untuk tidak menduplikasi konten-konten yang anda peroleh, anda mesti menciptakan konten yang lebih elok dibandingkan dengan yang sudah anda temukan ini.

 

Saatnya riset keyword

 

Banyak orang yang salah paham wacana keyword research. Banyak yang memakai metode riset kata kunci untuk menemukan wangsit konten. Salah.

 

Kalau anda memasukkan kata kunci ke tool riset, hasil yang dikeluarkan tidak banyak dan hanya di sekitar kata kunci tersebut. Misalnya jikalau anda memasukkan keyword “baju baru”, maka yang keluar paling-paling hanya “beli baju baru”, “baju baru murah”, dan sejenisnya.

 

Akibatnya, inspirasi yang anda temukan tidak banyak dan anda akan memperoleh banyak sekali artikel dengan topik yang sama (alasannya siapa saja memakai cara ini).

 

Padahal cara riset kata kunci yang benar ialah dengan mencari topik terutama dahulu dengan cara-cara di atas. Kemudian baru topik ini kita masukkan ke Google Keyword Planner atau tool sejenisnya.

 

Tujuan dari riset kata kunci yaitu untuk mendapatkan perpaduan kata mana yang menghasilkan volume pencarian paling optimal. Bukan untuk mendapatkan topik baru.

 

Proses pengerjaan konten

 

Seperti yang saya bilang tadi, konten yang bermutu tidak akan tamat dibuat dalam 10 menit. Paling tidak anda membutuhkan 1-2 jam kalau anda melalui proses yang benar, bahkan bisa lebih dari sehari.

 

Seperti inilah kira-kira tahapan dan durasi pengerjaan konten berupa postingan:

 

 

    1. Penggalian topik ( 20 menit – 1 jam per topik)

 

    1. Penulisan gagasan/kerangka ( 15 – 30 menit)

 

    1. Penulisan postingan ( 1 jam)

 

    1. Perbaikan dan formatting ( 20 menit)

 

    1. Gambar/rancangan ( 15 – 30 menit)

 

 

Proses penggalian topik ini semestinya dijalankan secara terus-menerus. Maksudnya, saat anda mendapatkan ilham artikel segera catat di HP, buku catatan, atau bila saya menggunakan Trello.

 

Mengapa menulis ide/kerangka postingan? Artikel yang cantik dan enak dibaca umumnya detail dan proses penulisannya kompleks (namun balasannya tidak kompleks). Untuk memudahkan proses penulisan maka diharapkan pembuatan kerangka.

 

Jangan pelit dengan waktu, sebagai blogger sudah sewajarnya kita menyediakan waktu terbanyak pada proses penulisan.

 

Selanjutnya silahkan membaca artikel ini untuk mengetahui cara membuat postingan yang baik.

 

Promosikan hasil konten

 

Walaupun di link yang aku berikan di atas telah membahas penawaran khusus konten, akan saya terangkan ulang dan tambahkan disini.

 

Promosi konten sering kali terlalaikan alasannya adalah kita menganggap membuat konten berkualitas saja telah cukup. Apalagi kalau anda telah menyediakan waktu berjam-jam untuk membuat konten, rasanya sayang bila tidak dipromosikan.

 

Cara penawaran spesial yang paling efektif adalah kembali lagi ke lembaga dan sosial media dimana kita mendapatkan wangsit konten ini. Dengan menjawab pertanyaan anggota komunitas disana, kita akan menerima pembaca dan juga nama baik.

 

Bangun email list agar pembaca yang sudah anda dapatkan tidak lupa dengan anda, agar mereka kembali lagi lain kali.