Persyaratan Kemampuan Mendasar Bisnis Online

Persyaratan Kemampuan Mendasar Bisnis Online

Kalau anda sungguh-sungguh seorang awam di bidang bisnis online, ada kemungkinan ungkapan-ungkapan dalam seri panduan ini gres pertama kali anda dengar. Jangan merasa takut duluan, kemampuan dasar yang anda butuhkan sama sekali tidak sukar.

 

Walaupun tidak wajib, aku sungguh menyarankan anda minimal mengerti apa dan bagaimana melaksanakan hal-hal berikut. Tidak perlu menjadi expert bila anda mampu mengeluarkan uang ahlinya, tapi lagi-lagi penting untuk sekurang-kurangnyamengerti dasarnya saja.

 

 

Membuat website

 

Pertama-tama, yang perlu anda ketahui saat ini juga ialah anda sebaiknya memahami bagaimana membeli domain, berbelanja layanan hosting, dan menciptakan situs web di hosting tersebut. Layanan blog mirip Blogspot dan Tumblr disini tidak diperhitungkan alasannya adalah fiturnya terbatas.

 

Untuk yang belum paham, secara simpelnya Domain itu ialah alamat situs web (domain website ini yakni panduanim.com). Sementara hosting yaitu daerah kita menyimpan file-file situs web. Hosting ini mesti dihubungkan dengan domain supaya orang lain bisa mengakses dengan gampang.

 

1419524567_wordpress-128Sekarang ini telah aneka macam platform yang membuat lebih mudah kita dalam membuat website sehingga kita nyaris tidak memerlukan wawasan coding atau programming lagi. Salah satunya yaitu WordPress yang merupakan platform blogging paling besar.

 

Kalau anda tidak mau berguru menciptakan website, opsi lainnya yaitu memakai jasa pengerjaan situs web.

 

Tetapi meskipun demikian, anda tetap harus memahami dasar-dasarnya. Minimal mengetahui WordPress. Karena WordPress ini bisa dipakai untuk berbagai hal mulai dari blogging, lembaga diskusi, jejaring sosial, bahkan memasarkan barang.

 

Menambahkan konten ke dalam situs web

 

Kalau skill menciptakan situs web masih bisa di-skip, tidak demikian dengan yang satu ini.

 

memasukkan konten

 

Anda mesti bisa menyertakan konten sendiri ke situs web yang telah anda buat. Misalkan anda menciptakan toko online yang menjual baju, websitenya dibentuk menggunakan jasa pembuatan situs web. Dalam beberapa minggu, tentunya anda butuh menyertakan koleksi baju baru ke dalam situs web dan anda harus mampu melaksanakan hal ini.

 

Konten ialah hal yang paling penting dalam bisnis online. Tanpa konten, situs web anda, bisnis anda hanyalah suatu ruangan yang kosong, atau kertas putih tanpa tulisan.

 

Konten ini berlawanan-beda untuk setiap jenis bisnis, tetapi semua jenis bisnis online membutuhkan konten.

 

Bisnis online berbentuk situs web gosip memerlukan konten berupa postingan informasi, video, gambar, atau suara. Kemudian konten yang berupa isu ini mampu kita jual terhadap orang lain dalam bentuk produk atau membership. Untuk jenis bisnis online mirip ini, anda harus bisa mengubah konten menjadi produk informasi yang orang lain mau beli.

 

Contoh yang lain, bisnis online berbentuk toko online (e-commerce). Anda memerlukan konten berupa barang yang akan dijual terhadap orang lain. Makara anda mesti memahami bagaimana memasukkan barang baru yang akan dijual ke situs web toko online dan menentukan harga. Anda juga harus mengerti alur pembelian dan bagaimana memproses pesanan.

 

Satu acuan lagi, bisnis online berupa penjualan jasa/layanan. Anda membutuhkan konten untuk menjelaskan layanan anda dan mengapa orang mesti memakai layanan anda. Selain itu anda juga butuh memasukkan konten berbentukportfolio. Konten dalam bisnis online seperti ini dapat digunakan juga untuk hal-hal lain, lebih lanjutnya akan dijelaskan dalam bagian 6.

 

Masih banyak lagi teladan bisnis online, seperti penjualan aplikasi, web apps, atau software. Kalau anda belum mempunyai bayangan bentuk bisnis online anda, segera tentukan mulai dari sekarang.

 

Apapun jenis bisnis online-nya, anda diwajibkan mampu membuat konten dan memasukkan ke dalam website yang telah dibuat.