Skill Yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Affiliate Marketer

Skill Yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Affiliate Marketer

Setiap orang yang berhasil dalam bidangnya masing-masing pasti punya keahlian khusus yang mendukung. Misalnya seorang CEO yang sukses punya skill leadership yang bagus.

 

Untuk menjadi affiliate marketer atau internet marketer secara lazim, ada beberapa skill pendukung yang wajib dikuasai jika ingin sukses.

 

 

Pertama, yang telah terang dan tidak butuhdibahas, setiap insan yang sukses dalam bidang apapun pasti memiliki etos kerja yang bagus. Etos kerja mencakup dedikasi, loyalitas, perjuangan, kerja pintar, dan persistensi. Ketika memasuki dunia kerja, skill pertama ini harus paling cepat dikuasai sebelum mampu mendalami skill-skill lainnya.

 

Etos kerja harus dibentuk dari awal dari diri sendiri, tidak ada kursus spesial yang mampu membentuk etos kerja. Kemudian pada risikonya saat etos kerja sudah baik, barulah skill lain bisa didalami.

 

Inilah beberapa skill pendukung kesuksesan seorang affiliate marketer.

 

Kreativitas

 

Affiliate marketer, dibandingkan bidang IM lainnya, paling banyak berafiliasi dengan kreativitas.

 

Dalam mengiklankan offers dari affiliate network, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan di permulaan, dan semuanya membutuhkan kreativitas. Hal-hal tersebut antara lain:

 

 

    1. Angle

 

    1. Desain banner

 

    1. Landing page

 

    1. Penulisan

 

 

4 topik di atas akan dibahas dalam postingan lain.

 

Affiliate marketer banyak berhubungan dengan iklan, sebab kita mesti memasang iklan untuk mengiklankan penawaran. Untuk membuat iklan yang menawan, keempat hal di atas menjadi sungguh vital.

 

Kebanyakan AM (affiliate marketer) gagal alasannya adalah tidak bisa menciptakan iklan yang tidak kretif dan tidak menawan bagi orang-orang.

 

Teknikal

 

Skill teknikal yang wajib bagi AM ada 2, rancangan grafis dan web developing.

 

Tapi 2 skill ini cukup di tingkat tolok ukur, asalkan bisa menciptakan banner dan landing page 1 halaman, sisanya tergantung kreativitas untuk menciptakan desain yang menawan.

 

Pilih satu software rancangan grafis yang terkenal, misalkan Photoshop (berbayar) atau GIMP (gratisan). Baca bimbingan-panduan dari internet lalu aplikasikan. 1-3 hari niscaya sudah paham dasar-dasarnya.

 

Untuk web developing, jangan takut alasannya adalah kita disini cuma butuh yang paling persyaratan, HTML & CSS. Intinya, asalkan telah bisa membuat landing page 1 halaman, telah cukup. Tempat belajar gratis paling elok berdasarkan aku Codecademy.com.

 

Analisa Data

 

Karena seorang AM sangat bergantung pada pemasangan iklan, kemampuan membaca data dari iklan yang kita pasang sangat penting.

 

Dari setiap pemasangan iklan, kita umumnya menerima data mirip jumlah impression, jumlah click, CTR (click-through rate), conversion rate, dll.

 

Dari data tersebut kita mampu lihat apakah iklan yang kita pasang telah bagus atau perlu meningkatkan secara optimal lagi.

 

Untuk menerima data-data ini umumnya kita butuh software tracking, contohnya Prosper202 atau Voluum. Memasang iklan tanpa tracking = mencampakkan-buang duit.

 

Pengambilan keputusan

 

Setelah data dianalisa, keputusan mesti diambil. Di bagian mana bisa dioptimasi, di bagian mana yang sudah baik, yang mana yang bisa dipertahankan, dan yang mana semestinya dibuang.

 

Untuk bisa melakukan pengambilan keputusan, diharapkan data yang mendukung. Karena itu tracking yang aku sebutkan tadi sangat penting.

 


 

Artikel ini merupakan gambaran umum perihal seorang Affiliate Marketer (AM), apa yang mereka kerjakan, dan apa yang diperlukan bagi seorang AM untuk berhasil.

 

Keempat skill di atas merupakan skill dasar yang paling dibutuhkan. Masing-masing dari keempat skill akan dibahas lebih mendalam di artikel yang lain.