Tool Yang Wajib Diketahui Blogger

Tool Yang Wajib Diketahui Blogger

Bagi seorang blogger, konten ialah hal yang paling utama. Membuat dan memasarkan konten yang bermutu mampu dibilang adalah acara sehari-hari blogger.

 

Ada beberapa tool  yang dapat dimanfaatkan oleh para blogger untuk mendapatkan pandangan baru konten, mengoptimasi konten, dan mempromosikan konten tersebut.

 

 

Mendapatkan Ide Konten

 

Mencari ide untuk menciptakan artikel di blog jadi problem paling utama bagi blogger. Banyak sekali blogger yang kekurangan pandangan baru bahasan (termasuk aku).

 

Untungnya ada beberapa situs web yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pandangan baru topik di blog.

 

1. BuzzSumo

 

Salah satu tool yang paling terkenal bagi penulis artikel dan blogger, Buzz Sumo, bekerjsama mampu dipakai untuk aneka macam hal tergolong mendapatkan ide untuk konten.

 

Caranya dengan memasukkan keyword yang diharapkan di website Buzz Sumo, kemudian akan muncul daftar postingan relevan dari aneka macam website. Hasil pencarian ini juga mampu di-filter lagi semoga lebih akurat.

 

Yang menawan lagi, di samping judul-judul postingan yang muncul ada statistik seberapa banyak postingan tersebut di-share di social media. Dari situ kita mampu tahu artikel mirip apa yang populer.

 

2. QuickSprout

 

Selain untuk menyaksikan evaluasi website yang kitamiliki, QuickSprout juga mampu dipakai untuk menerima pandangan baru konten. Caranya, masukkan alamat blog yang berdasarkan anda mempesona dan berkaitan dengan topik blog anda. Bisa juga masukkan alamat blog sendiri.

 

Kemudian sesudah timbul risikonya, klik Social Media Analysis. Muncul daftar post atau postingan yang paling terkenal, berikutnya mirip mirip BuzzSumo, kita mampu paham konten seperti apa yang terkenal sehingga kita juga bisa menciptakan konten yang populer.

 

3. Reddit

 

Reddit, gudangnya obrolan manusia di berbagai topik yang sayangnya diblokir oleh Menkominfo kita yang terhormat.

 

Bagi yang bisa akses ke Reddit, cari sub-reddit yang cocok dengan topik blognya. Kemudian lihat apa yang dibahas oleh orang-orang disana, dari bahasan yang ada lazimnya kita mampu temukan wangsit untuk bahan goresan pena di blog.

 

4. Quora

 

Situs tanya jawab yang jauh lebih berkualitas daripada Yahoo Answer.

 

Follow topik-topik yang berkaitan lalu kita akan disuguhi tanya-jawab yang terkenal di home feeds. Karena umumnya pertanyaan di Quora sudah ada tanggapan yang anggun, kita mampu mendapatkan wangsit lebih lanjut untuk postingan.

 

5. HubSpot Blog Topic Generator

 

Tool yang satu ini simpel tapi to-the-point. Cara menggunakannya juga gampang, tinggal masukkan maksimal 3 keyword lalu kita akan diberikan topik yang cocok dengan keyword tadi.

 

Walaupun kadang kala topik yang diberikan gak nyambung, tapi tool ini tidak mengecewakan memiliki kegunaan juga untuk mendapatkan inspirasi goresan pena.

 

Mengoptimasi Konten

 

Banyak orang yang biasanya sekedar asal tulis tanpa riset. Ada 2 tujuan meningkatkan secara optimal konten:

 

 

    1. Untuk menciptakan bahasan yang lebih bermutu

 

    1. Agar lebih populer

 

 

‘Agar lebih terkenal’ disini mampu diartikan dan ditujukan kepada 2 hal, Search Engine dan pembaca. Artikel yang dioptimasi dengan baik akan lebih disukai pembaca dan mesin pencari.

 

Kesalahan terbesar dari blogger-blogger pemula yaitu terlalu mengoptimasi untuk mesin pencari, contohnya menumpuk keyword terlampau banyak. Artikel mirip ini malah akan jadi susah dibaca dan tidak akan disukai insan.

 

1. Google Keyword Planner

 

Mestinya sebagian besar sudah tahu fungsi dari tool ini.

 

GKP mampu kita manfaatkan untuk menerima kata kunciapa yang banyak dicari oleh orang-orang. Dari situ, kita mampu sesuaikan penggunaan kata dalam judul dan teks dari postingan. Sekali lagi, jangan mengoptimasi berlebihan untuk mesin telusur.

 

2. Google

 

Setelah menerima ilham untuk konten, kita bisa mempergunakan Google untuk memperdalam pengetahuan kita tentang topik tersebut.

 

Kita mampu menerima ide dari tulisan orang lain untuk membuat postingan yang detail, mendalam, dan mempesona. Tapi jangan menggandakan postingan orang lain tanpa ijin.

 

3. Yoast WordPress SEO Plugin

 

Untuk yang pakai WordPress, aku mengusulkan plugin ini alasannya adalah berdasarkan saya ini yang paling cantik untuk SEO.

 

Dengan WordPress SEO Plugin kita bisa membuat konten yang teroptimasi dengan baik untuk search engine dan social media.

 

Mempromosikan Konten

 

Setelah membuat artikel yang berkualitas, langkah terakhir yang harus kita kerjakan yakni mengiklankan postingan tersebut. Bergantung pada SEO saja tidak cukup, khususnya untuk website gres.

 

1. Social Locker Plugin (WordPress)

 

Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, LinkedIn, dll. ialah kawasan paling cantik untuk mengiklankan artikel secara aktif maupun pasif.

 

Ada 2 kelemahan memakai social media, pertama jika kita tidak mempunyai follower dengan jumlah banyak yang berkaitan dengan topik blog kita. Promosi seperti ini bakal tidak berguna. Kedua, orang-orang biasanya terlalu malas untuk klik tombol share di blog kita.

 

Dengan plugin Social Locker, kita bisa mengunci sebagian atau bahkan keseluruhan dari konten kita. Orang yang ingin melihat konten yang dikunci harus share dahulu ke Facebook, Google+, atau Twitter.

 

Metode mirip ini mesti digunakan dengan arif, salah memakai justru akibatnya fatal.

 

2. Buffer

 

Dengan Buffer, kita mampu menjadwalkan kapan post kita akan diterbitkan di social media.

 

3. MailChimp

 

MailChimp adalah tool untuk membangun email list. Dalam jangka panjang, menghimpun alamat email dari pembaca blog akan sungguh berfaedah. Dengan MailChimp kita bisa mengajak pembaca untuk mendaftarkan email supaya setiap kali kita menerbitkan tulisan baru mereka akan menerima email.

 

MailChimp gratis untuk 2.000 email pertama yang mendaftar. Alternatif lainnya yang populer ialah Aweber dan GetResponse, keduanya berbayar.

 

4. Forum komunitas

 

Forum komunitas juga merupakan salah satu media yang paling populer untuk mengiklankan artikel secara aktif. Dengan aktif di situs komunitas, kita akan dikenal oleh orang lain dan tentunya mereka akan sadar dengan eksistensi website kita.

 

Gunakan Google untuk mencari lembaga dengan topik yang relevan. Untuk blog berbahasa Inggris, Reddit mampu jadi salah satunya.

 

Jangan pernah melaksanakan spam di situs komunitas.

 

Sekian beberapa tool yang berguna untuk penulis blog. Kalau ada yang tahu tool yang elok lagi, silahkan dishare di komentar.